Teleskop – Prinsip Operasi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sifatnya

Teleskop adalah perangkat yang digunakan untuk melihat objek yang jauh. Mereka menemukan penggunaannya dalam astronomi dan fisika. Ini memungkinkan Anda untuk melihat objek yang jauh dengan memperbesarnya. Ada banyak jenis teleskop dan harganya bervariasi sesuai dengan spesifikasinya. Banyak aksesori juga tersedia yang dapat digunakan bersamaan dengan teleskop. Teleskop kecil yang digunakan sebagai mainan juga mampu melihat beberapa objek sekitar 50 meter.

Prinsip di mana teleskop bekerja

Prinsip kerja teleskop sangat sederhana. Ada dua lensa yang membentuk tugas melihat objek yang jauh. Salah satu lensa mengambil cahaya dari objek yang dilihat dan membuatnya tersedia pada titik fokus. Lensa lain mengambil cahaya terang dari titik fokus dan menyebarkannya ke retina Anda sehingga Anda dapat melihatnya. Lensa yang mengambil cahaya dari objek disebut lensa objektif atau cermin utama. Lensa yang mengambil cahaya dari titik fokus disebut lensa okuler.

Faktor-faktor yang memengaruhi tampilan objek

Kemampuan teleskop untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang dilihat dan kemampuan untuk memperbesar gambar adalah faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teleskop. Kemampuan untuk mengumpulkan cahaya dari objek tergantung pada diameter lensa atau cermin, yang disebut aperture. Semakin besar aperture, semakin banyak cahaya yang bisa dikumpulkannya. Pembesaran gambar tergantung pada kombinasi lensa yang digunakan. Lensa mata di teleskop melakukan pembesaran.

Beberapa teleskop optik terbesar di dunia beroperasi

Kami mengatakan teleskop menjadi lebih besar berdasarkan ukuran aperture. Berdasarkan hal ini kita dapat mengatakan bahwa Keck dan Keck II adalah teleskop terbesar yang beroperasi dengan bukaan berdiameter 10 meter. Teleskop Keck terdiri dari 36 segmen cermin. Ini terletak di Mauna Kea, Hawaii. Yang terbesar berikutnya adalah Hobby-Eberly yang terletak di Mt. Fowlkes, Texas yang memiliki aperture 9,2 meter. Anda bisa mendapatkan daftar teleskop optik terbesar di http://astro.nineplanets.org/bigeyes.html .

Memilih teleskop Anda

Pilihan teleskop sangat tergantung pada apa yang ingin Anda amati. Anda dapat memilih teleskop majemuk dan teleskop tipe refraktor untuk melihat melalui langit kota. Untuk langit pedesaan, Anda dapat menggunakan teleskop majemuk dan reflektor. Mereka lebih baik daripada jenis teleskop refraktor. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Oleh karena itu, banyak orang memiliki teleskop yang berbeda untuk keperluan yang berbeda.

Artikel ini berasal dari Situs Judi Bola yang merupakan website terpercaya di indonesia ini.